5cm - As Usual


yah...meski tidak bisa menonton tepat di hari pertama  12/12/12 seperti yang saya harapkan, karena kehabisan tiket terus selama 3 hari, akhirnya 14/12/12 setelah maksa temen kos buat nganterin beli tiket sampe hujan-hujanan, akhirnya dapet juga nonton film yang lagi heboh-hebohnya ini. 

Film ini sendiri diangkat dari novel karyanya bang Donny Dhirgantoro (sok akrab beh) yang jauh  sebelumnya sudah saya baca, dan ngebuat saya terkagum-kagum setiap lembarnya. Sehingga novel ini berhasil masuk ke favorite novel list saya. Waktu tau novel diangkat jadi film, tentunya saya tidak ketinggalan pengen nonton dong, apalagi di kota yang saya tumpangi ini ada bioskopnya jadi nggak perlu lama-lama nunggu buat ada kaset bajakan atau link buat download di internet (iye iye di Lombok kagak ada bioskop-_-) dan tentu saja film ini adalah film pertama yang saya tonton langsung di bioskop (ciyeee anak desa baru masuk kota wk x.x) 

Setelah berhasil menghasut beberapa temen kos untuk diajakin nonton, sore itu pun dengan angkot kami berempat pun melaju menuju Malang Plaza. Kalau saja boleh jujur, saya agak-agak takut sama tanggapan temen kos (Lia, Weni, Lissa) tentang film ini nantinya, karena saya sendiri tidak terlalu menaruh harapan sangat tinggi seperti pada Novelnya. Seperti yang sudah-sudah, banyak sekali film-film yang kurang berhasil menerjemahkan sebuah novel menjadi sebuah film. Contoh saja nih ya, Laskar pelangi dan Perahu kertas. 2 novel itu juga sudah lebih dulu masuk ke daftar novel favorite saya, tapi untuk filmnya...kalau laskar pelangi masih mending...saya masih suka, tapi Perahu kertas ? ugh...saya kesal sendiri menonton filmnya...apalagi dengan 2 pemain utamanya, si kugi dan kinan...er. (oke ini out of fokus banget)

Kembali ke 5cm the movie. 
Memang sih pada akhirnya, komentar temen-temen tidak ada yang jelek; keren, lucu, wow dan sejenis. Tapi bagi saya, yang satu-satunya sudah pernah membaca novelnya diantara kami berempat, tentunya lagi-lagi kurang puas. 
Baru diawal-awal film saja, sudah banyak adegan-adegan atau dialog yang menurut saya agak krik; ada jeda yang sepersekian detik lebih lama dari yang seharusnya #mungkin. Walaupun hanya sepersekian detik saja, tentunya menimbulkan efek yang lain. Juga, beberapa dialog yang di novelnya sangat lucu, tiba-tiba terdengar garing di filmnya, yang saya maksud hanya beberapa. Untung saja, kekocakan Harjunot Ali yang memerankan Zafran begitu pandai membuat saya pribadi melupakan beberapa adegan krik-krik sebelumnya :p.
Sudah begitu, banyak sekali cerita-cerita yang tidak ada di film ini. Yeah...untuk ini saya mengerti, bahwa tidak mudah memasukan semua cerita dari beratus-ratus lembar novel menjadi sebuah film dengan durasi 2 jam. Tapi yang saya lumayan kecewa adalah; mana lirik-lirik lagu dan perdebatan-perdebatan pengetahuan yang keren itu ? tidak ada. Meski tidak terlalu mengganggu jalan cerita, tetap saja saya kecewa huehue. 

Dan yang lainnya adalah, ketika mereka berenam memulai perjalanan menuju Mahameru. Pertama, mana adegan percakapan mereka dengan ibu penjual nasi di stasiun yang begitu menyentuh saya di novelnya ? kedua, kenapa mereka nggak naik angkot dari stasiun ? di sana kan mereka ketemu bapak angkot yang lucu itu, ketiga mereka nggak satu jib sama rombongan lain yang temennya meninggal 17 agustus tahun lalu ? keempat, tidak adegan dimana mereka berhalusinasi disapa sama yang meninggal itu ? huhuhu...lagi-lagi ini masalah tenggat waktu yang ditentukan, 2 jam. hanya 2 jam huhu. Dan ini harus dimengerti. hehe

Dan yang paling kirik dari film ini adalah, bagiaman para pemain berdialog. Yeah...bahasa Indonesia banget! Waktu baca novelnya sih enak-enak aja bacanya, tapi kok pas dijadiin film...aneh banget ya didengernya hhh. Dan gara-gara dialog yang sesuai EYD itu, akhirnya akting Mas Fedi Nuril yang unyu-unyu itu jadi kaku. Perjalanan mendaki yang begitu menegangkan di novelnya tiba-tiba jadi biasa aja, dan oh untungnya lagi-lagi tertolong oleh ke-KEREN-an penampakan Mahameru yang ngebuat saya ber- "wow" tidak ada hentinya. Yeah...lebihnya adalah, akhirnya saya bisa melihat bagaimana gagahnya Mahameru itu, ternyata jauuh lebih keren dari yang saya bayangkan saat membaca novelnya. 

Terakhir, unek-unek terakhir nih..hehe
Oke, saya tidak mempermasalahkan adegan-adegan yang tidak ada seperti yang saya sebutkan di atas, tapi yang satu ini saya bener-bener gereget. Kenapa nggak ada adegan upacara bendera yang mengharukan itu ? yang ngebuat saya mewek-mewek ? Emang sih saya tetep mewek waktu nonton filmnya, tapi gimana ya...bener-bener ada yang kuraaang gitu rasanya. Seandainya diadain, dan Indonesia raya berkumandang di atas tanah tertinggi di pulau jawa itu, coba bayangin bagaimana meweknya saya ? hh-_- Eh upaca bendera itu malah digantiin sama adegan di mana mereka berenam semacam berikrar gitu dengan suara yang keras di tonton oleh pendaki-pendaki yang lain, lagi-lagi (dari tadi kok lagi-lagi mulu sih-_-) ikrar mereka itu kok terdengar agak....agak nih ya berlebihan gitu ya ? di novelnya sih fine-fine aja tapi pas di-visualkan kok ? mungkin ada baiknya kalo sebenarnya ikrar-ikrar itu hanya sebagai suara hati mereka saja...ya kan ? (ditimpuk sutradara) ehehe..

Terakhir (perasaan tadi terakhir udah deh-_-) biar deh, saya yg nulis ini :p
ini tentang endingnya. Meski sedikit berbeda dengan novelnya, endingnya tetep saja bikin saya gereget. Tetep saja bikin saya terkaget-kaget, sama seperti saya baca novelnya. Ending yang bener-bener tidak disangka, bang Dhony bener-bener pinter ngebuat alur cerita yang ngebuat kita berpikir bahwa Riani yang kece abis itu suka sama Genta dan Arinda suka sama Zafran, but ternyata ? unbelieveble. Waktu Arinda bilang "....tapi bukan kamu Genta" mbak-mbak yang duduk di belakang saya dengan hopeless berprasangka kalau yang disuka Arinda adalah Arial, huhuhu. Kasian kan mas Fedi Nuril (sini sama saya aja haha XD #cacat)

Udah deh, segitu dulu tulisan maha sok tau saya. Ya ya, kan kalian tau sendiri biasanya penonton lebih sok pintar dari pemain :p maaf-maaf kalau ada yang tidak sependapat dengan saya. Saya bukannya nggak suka filmnya, saya suka banget! saya malah pengen nonton lagi he. Hanya saja, itu pendapat saya saja...sok-sok mau kritik gitu deh, padahal nggak ngerti apa-apa*jleb* 

cemburu nih-_-"
salah satu adegan yang membuat bioskop dipenuhi tawa hehe XD

After all, film ini bagus kok. Saya rekomenin deh, kalau jeli banyak sekali pesan-pesan yang bisa diambil, meski tidak sebanyak di novelnya hehe. 
Maju terus perfilim-an Indonesia !! 

NB : Selanjutnya, saya pengen nonton Habibie dan Ainun. Pengen banget!

15 komentar:

  1. zhi aku jadi kepengen nih baca novelnya..walau belom nonton filemnya juga wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. nonton gih yos... tapi baca novelnya dulu kalo bisa,,,hehe
      eh buat fanfict lagi sana, aku pengen baca hehe

      Hapus
  2. AAAA aku udah lama bacanya novelnya, dan itu KEREN BANGET! Udah lama juga nunggu filmnya keluar, tp belom sempet nonton -_-
    agak kecewa pas tau bagian2 yg kakak sebutin di atas gak ada. Padahal bagian2 itu bagian yg penting, banyak ilmu, dan mengharukan.
    Tapi tetep mau nonton! :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dek setuju banget! novelnya keren bangeet!!!!
      taapi di tonton aja dek...visualnya keren abisss

      Hapus
  3. Aku juga salah satu yang suka novel 5CM tapi sayangnya belum sempat liat filmnya :'(
    Beneran tidak ada adegan upacaranya? tidak ada quote2 dan potongan lagu yang muncul di novelnya? padahal salah satu inti utama perjalanannya adalah upacara di puncak Mahameru,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak nggak ada. cuman ada si keenam pemeran utama nancepin bendera dan berikrar gitu... g ada acara ngerek bendera dan nyanyi indonesia rasaya... huhuhu

      Hapus
  4. Ibu.. Kasih sayangmu tak kan bertepi
    Kepedulianmu selalu di hati
    Kau pelipur lara yang kan abadi
    Jiwaku hilang jika tanpamu
    Baktiku hanya untukmu
    Ketulusan hatiku kan ku lakukan hanya untuk membuatmu tersenyum
    Ketika Aziz Azizah Galau

    BalasHapus
  5. Ajijaaah, ada yang salah tuh bagian akhirnya, hoho

    BalasHapus
  6. ajijah.. yg bilang "...tapi bukan kamu genta" itu riani bukan arinda :p

    BalasHapus
  7. Hihiii,,, lagi2, 5Cm yg saya temui, :D

    BalasHapus
  8. yang jadi riani cantik bangeeeuudddd

    BalasHapus
  9. wah aku belom nonton sampe sekarang ini film x_x

    BalasHapus
  10. Thanks for the info. In case when you traveling, you might need a GPS for your car or boat and even knowing your own location.

    BalasHapus
  11. A very insightful information and it very helpful. In case need some info about tangki fiberglass. Thanks for sharing.

    BalasHapus

Blogger yang baik adalah blogger yang setelah membaca memberikan kommentar ^.^