Cita2ku Cita2Ortu



MySpaceMySpaceMySpace


                 Hem...Judulnya sinet banget nggak sih ? nggak ya ding, ini bukanlah fiksi atau cerpen buatan saya. Tapi ini cuman sepenggal hasil percakapan tak disengaja saya dengan seorang teman sekelas tadi pagi di sekolah. 
Jadi tadi pas pelajaran SBD, saya sempet bercakap-cakap sama temen saya. Sebut saja namanya Pon-pon hehe. Pon-pon ini anak orang tajirlah ceritanya, orangnya imut-imut gitu (Semoga ni blog nggak pernah dibaca sama dia, bisa besar kepalanya-_-) bahkan cenderung kekanak-kanak kalau menurut aku, tapi dia sangat baik heheh^^
          Balik lagi ke percakapan, tadi itu dia minjem novel saya buat gambar covernya bukan buat dibaca. Mengingat dia nggak suka baca hhh-_- Eh pas saya samperin ke bangkunya terjadilah percakapan ini 



"Bagus gambaranmu Pon, kenapa nggak jadi pelukis aja ?" 
"Itu dah mau saya, tapi bapak saya maunya saya jadi dokter gigi" 
"Ngomong sih sama bapakmu"
"Udah, tapi bapak saya nggak ngasih. Dia tu pengen banget saya jadi dokter. Kayak kakak saya yang paling besar udah jadi dokter, terus kakak saya yang satunya baru aja wisuda farmasi. Nah bapak saya mau saya jadi dokter juga"
"Bapakmu buka praktik sendiri ya pon ?" celetuk temen saya yg lain
"Iya di rumah"
"Terus kamu pengennya jadi apa pon ?" tanya saya lagi
"Pengen jadi tukang gorengan makanya nih, biar nanti kan mereka bikin klinik sendiri saya buka toko gorengan di depan haha" canda si pon-pon
"Sama sih pon, saya juga disuruh jadi dokter tapi nggak terlalu dipaksa" masih saya
"Iya, bapak saya bilang saya harus masuk kedokteran. Bapak saya bilang 'Apapun maunya pon bapak kasi deh, kalau nanti pon malu pake motor ke kampus bapak beliin deh pon' jadinya kasian saya sama bapak saya"

"Susah ya pon, saya juga pengen kok jadi dokter tapi saya bodo-_-"
"Haha sama, saya juga nggak ngerti apa-apa"
....................
...................................................
Dan percakapan itu berlanjut sampai saya nyurigain kalau bapaknya pon-pon ini, tempet saya dulu periksa gigi, soalnya dulu saya langganan dokter gigi gitu hahay. Keadaan rumah, ciri-ciri bapaknya sama seperti yang sy ingat. Tapi setelah saya komfirmasi sama bapak saya nama dokter itu ternyata ada "Lalu-nya" Berarti islam dong, sedangkan temen saya si pon-pon ini agama hindu. hehe


Jujur sih, saya juga ngerasa tertampar sama percakapan ini. Saya juga ngerasa agak darahin jadi dokter sama orang tua saya, meski nggak terlalu digemborin tapi saya bisa ngeliat kok harapan bapak saya supaya anak gadis satu-satunya ini jadi dokter. Sejujurnya sih saya juga pengen jadi dokter, tapi setengah hati. Lagian otak saya ngebuat saya pesimis bisa jadi dokter hhh-_- Dan selain itu juga saya pengennya jadi penulis atau sejenisnyalah. Tapi saya pengennya menulis itu hanya sampingan dari pekerjaan saya nantinya yg sesungguhnyal. Jadi intinya, saya masih bingung sama cita-cita inti saya. Biarlah waktu yang menjawab deh... *klisebanget* 


Menurut kalian gimana sih keadaan yang kayak si pon-pon maupun yang saya alamin ini ? Kadang terlalu bingung untuk menuruti kata hati atau kata orang tua ? Pilihan yang cukup berat menurut saya, Bahkan banyak cerita yang lebih menurutkan keinginan orang tua dan mengabaikan keinginan hati, Tapi ujung-ujungnya stress mendem itu semua, dan menyesal pada akhirnya. Itu yang paling saya takutin di hidup saya, Hah...entah kapan saya bisa mengungkapkan ini sama orang tua saya T-T"


NB : Percakapan diatas, nggak terlalu seperti itu sih tapi intinya begitulah. Soalnya saya agak lupa hehe.

4 komentar:

  1. susah juga, saya jg pernah ngalamin yg seperti itu, akhirnya saya coba turuti kata ortu dan ternyata saya lebih bahagia menjalaninya sekarang.. dan saya pun tidak pernah merasa kehilangan cita2 saya yg lama..

    itu semua tergantung bagaimana kita menyikapinya, klo kita merasa tertekan akhirnya malah stres..

    "cita2 bisa diraih dari berbagai arah, termasuk dari arah yg berlawanan"

    salam kenal,,

    BalasHapus
  2. Hai Nice ! ya betul banget, banyak juga yang sama seperti kakak. Terkadang sesuatu yang dipilhkan orang tua itu memang lebih baik dri sesuatu yg kita pilih. Hanya saja kita belum merasakannya. Hem...semoga saja sy bisa seperti kaka. Amin...
    Makasi kak sarannya, Salam kenal kembali :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. (apa maksudnya dihapus ne)...
    asyik juga pembahasannya...
    mungkin enak ya punya orang tua yg ngarahin anaknya utk jadi begini dan begitu...
    beda ma kk, orang tua kk mah bilangnya terserah kamu nak mau jadi apa dan mau kemana (kebayang tu susahnya menentukan pilihan, terlebih saat mau lulus SMA maren,he)
    dilepas begitu aja dari SD, utk memilih sendiri tanpa petunjuk dan masukan, hanya modal do'a,he

    tapi dari percakapan tu yg dapat dipahami yakni, orang tua pasti tau yg terbaik buat anaknya. tapi anaknya lebih tau dan lebih mengerti apa yg nantinya yg terbaik utk dijalankan karena dialah yg menjalankannya...
    Allah Maha tau yg terbaik buat hambanya...
    tekadang orang tua cuman butuh penjelasan yg bisa diterima, penjelasan yg dari hati ke hati,penjelasan seorang anak kepada bapaknya, dan lain sebagainya.
    kebahagian tu nampak saat apa yg kita jalani bener2 jalan kita,gaya kita,kita bgtlah, walau berbeda dengan arahan orang tua..
    (jadi teringat sebuah film nich)

    cita2ku,cita2 orang tuaku, sejalan tapi g' musti sama...
    good job deq
    ^_^

    BalasHapus

Blogger yang baik adalah blogger yang setelah membaca memberikan kommentar ^.^